PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CNC DASAR KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 2 WONOSARI

Rian, Wibowo (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CNC DASAR KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RIAN WIBOWO_11503241035_Pendidikan Teknik Mesin (S1).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah mengunakan model pembelajaran berbasis proyek, (2) untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran CNC Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data berupa data kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MB dengan jumlah siswa 32. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes dan data penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran CNC Dasar dikumpulkan dengan lembar observasi . Hasil penelitian menunjukkan: (1) adanya peningkatan prestasi belajar pada siklus I rata-rata nilai tes 79,8 dengan 26 siswa tuntas belajar, pada siklus II rata-rata nilai tes 83,9 dengan 31 siswa tuntas belajar, dan pada siklus III rata-rata nilai tes 89,9 dengan 32 siswa tuntas belajar. (2) model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran CNC Dasar dapat diterapkan dengan baik di kelas XI MB SMKN 2 Wonosari. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa tuntas belajar dan meningkatnya rata-rata nilai tes setiap siklus. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, Prestasi belajar, CNC Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45809

Actions (login required)

View Item View Item