KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS C.D3 DI SLB NEGERI TEMANGGUNG

Risky, Widiansari (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS C.D3 DI SLB NEGERI TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISKY WIDIANSARI_12103241045.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap peningkatan kemampuan matematika bangun datar pada anak tunagrahita ringan kelas C.D3 di SLB Negeri Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test-post-test dan melakukan treatment sebanyak 4 kali. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas C.D3 yang berjumlah 7 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis test ranking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektifan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap peningkatan kemampuan matematika materi bangun datar pada anak tunagrahita ringan kelas C.D3 di SLB Negeri Temanggung. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak setelah diberikan treatment sebanyak 4 kali. Dapat dilihat dari rata-rata pencapaian skor pada hasil pre-test yaitu 42,86% meningkat menjadi 70% pada hasil post-test. Nilai tersebut membuktikan bahwa kemampuan penguasaan materi bangun datar oleh anak meningkat sebanyak 27,14%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45807

Actions (login required)

View Item View Item