Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Siswa SMP Kelas VIII Semester Genap Berorientasi pada Minat dan Prestasi Belajar Siswa.

Marlinda, Ivone (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Siswa SMP Kelas VIII Semester Genap Berorientasi pada Minat dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ivone-marlida-14709259010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat Pembelajaran ini terdiri atas RPP dan LKS yang berorientasi pada minat dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 6 Satu Atap Kepil Kabupaten Wonososobo dan uji coba lapangan di kelas VIII SMP Negeri 6 Satu Atap Kepil Kabupaten Wonosobo. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan siswa, lembar penilaian kepraktisan guru dan instrumen penilaian. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan ditinjau dari minat dan prestasi belajar siswa. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk memenuhi kategori valid. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk mencapai kategori sangat praktis, hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kategori praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari hasil uji coba lapangan. Persentase ketuntasan tes prestasi sebesar 80.95%. Selanjutnya, berdasarkan hasil penilaian angket, persentase siswa yang memiliki minat minimal pada kategori tinggi mencapai 85.71%. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, pendidikan matematika realistik, minat, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:26
Last Modified: 09 May 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45806

Actions (login required)

View Item View Item