Robi Handoyo, Robi Handoyo (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMP NEGERI 2 CANGKRINGAN Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13206241031 ADELIA AZIZA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Yogyakarta memiliki banyak sekali perguruan tinggi, salah satunya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pada pengembangan mutu pendidikan, UNY masih memprioritaskan salah satu fungsinya yaitu untuk melatih, mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang baik. Serta selanjutnya dapat menjadi tenaga pendidikan yang proffesional guna memperbaiki mutu pendidikan sekolah di Indonesia. Untuk dapat mewujudkannya, UNY membuat sebuah mata kuliah yang nantinya dapat melatih mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai pengetahuan serta keterampilan yang baik. Mata kuliah tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dengan terdapatnya mata kuliah PPL ini, diharapkan dapat menjadi sebuah wadah yang bisa memberikan bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang memiliki sikap, nilai, moral, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Salah satu program PPL dilaksanakan di SMP N 2 Cangkringan yang jatuh pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Pada kegiatan PPL di Smp Negeri 2 Cangkringan dilaksanakan oleh 13 orang yang terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan yang berbeda. Sebelum kegiatan PPL dilakukan, mahasiswa dibekali dengan mata kuliah mikro serta observasi ke sekolah. Kegiatan yang dilakukan selama praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMP N 2 Cangkringan adalah kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai suatu program utama. Program utama individu praktikan adalah membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Praktikan mengajar pelajaran seni musik (seni budaya) kelas 9, yaitu kelas IX A, IX B, IX C. Dalam proses pembelajaran dikelas menggunakan metode scientific dalam kurikulum KTSP yang menuntut siswa aktif. Dari PPL yang dilakukan selama 2 bulan yang terhitung dari tgl 15 Juli-15 September menapatkan hasil bahwa pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran saat pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini merupakan sebuah tindakan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, dengan mahasiswa PPL UNY di SMP Negeri 2 Cangkringan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UNY, PPL 2016, SMP N 2 Cangkringan, Musik. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 04:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |