PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN

KEMAS, ATIN (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Kemas Atin_12518249001.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok Sleman melalui model pembelajaran kooperatif teknik Inkuiri. Hasil belajar siswa yang dinilai yaitu meliputi tiga aspek antara lain (1) aspek afektif, (2) aspek kognitif (3) aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian model pembelajaran kooperatif teknik Inkuiri yang dilakukan yakni pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini lebih bermakna, mengorganisasikan kelas dengan membentuk kelompok diskusi, Model pembelajaran inkuiri dapat memberikan ruang kepada siswa sesuai dengan gaya belajar siswa, membimbing siswa untuk menyelesaikan masalah dan berdiskusi dengan teman kelompok, melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, artinya siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar. Pengumpulan data peningkatan kompetensi aspek kognitif peserta didik menggunakan instrumen pretest dan postest, aspek afektif peserta didik menggunakan lembar observasi peserta didik, dan aspek psikomotorik menggunakan lembar kerja peserta didik. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata–rata afektif pada pertemuan pertama siklus I sebesar 80,8 dari nilai maksimum sebesar 128 dan persentase rata-rata afektif sebesar 63,1% meningkat pada pertemuan ketiga siklus II dengan nilai rata–rata 112,8 dari nilai maksimum sebesar 128 dan persentase 88,1%. Nilai kognitif siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pretest siklus I sebesar 59,8 dan persentase siswa lulus sebesar 21,87% meningkat pada posttest siklus II dengan nilai rata–rata 86,34 dan pesentase siswa lulus 93,75%. Nilai rata-rata psikomotorik peserta didik juga terdapat peningkatan. Nilai psikomotorik pertemuan pertama pada siklus I adalah 68 dan persentase siswa lulus sebesar 25% meningkat pada pertemuan kedua siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 83,75 dan persentase kelulusan 100%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Inkuiri, Sistem Kontrol Elektropneumatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45781

Actions (login required)

View Item View Item