LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SLEMAN

Ribka Ambarwati, Ribka Ambarwati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ribka Ambarwati_13102241033_PLS2016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan PPL memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja, dengan adanya PPL mahasiswa lebih siap dalam menghadapi tiap permasalahan-permasalahan yang natinya akan dihadapi dunia keja. PPL dapat memberikan pelajaran mahasiswa dapat lebih bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap sesuatu hal yang akan dipilih nanti melalui program-program yang dilaksanakan di dalam PPL. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2016 berlokasi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sleman. UPTD SKB Kab. Sleman merupakan lembaga satuan Pendidikan Luar Sekolah yang fokus pada pelayanan pendidikan non formal dan informal kepada masyarakat. Adapun serangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu Program Kesetaraan (PaketA, B & C), Taman Penitipan Anak (TPA) Tunas Harapan, Kelompok Bermain (KB) Binaan, Pendidikan dan Pelatihan Pendidik PAUD, Kursus jahit dan Kursus Manajemen Rumah Tangga. Menindak lanjuti hal tersebut maka ditentukan program kerja PPL kelompok dan individu.Program kerja kelompok meliputi Penataan Perpustakaan SKB, Peremajaan Fasilitas SKB, Pengajaran Paket A & , Pengajaran Calistung, Parenting dan September Ceria 2016 sebagai kegiatan penutup kegiatan PPL. Program individu meliputi (a) Pendampingan TK dan KB PAUD Among Putro Ngemplak, Kab.Sleman , (b) Pendampingan KB Tunas Harapan Ngasem kalasan, (c) Pendampingan TPA Tunas Harapan, (d) Pendampingan TK dan KB Tunas Harapan yang merupakan PAUD binaan SKB Kab.Sleman, (e) Pengajaran dan pendampingan Kesetaraan (Paket A & B) dan calistung serta (f) Pendampingan Program KMRT . Secara keseluruhan semua program sudah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, hal-hal terkait pelaksanaan programnya tidak mengalami hambatan yang berarti. Dan berharap Mahasiswa mampu bertanggung jawab dengan programnya masing-masing mengenai berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SKB
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jan 2017 03:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45774

Actions (login required)

View Item View Item