IDENTIFIKASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLARAGA DAN KESEHATAN SMA/SMK SEKOLAH MITRA UNY SE-DIY

Nida Nur, Afriani (2016) IDENTIFIKASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLARAGA DAN KESEHATAN SMA/SMK SEKOLAH MITRA UNY SE-DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi lemahnya pendidikan karakter pelajar di DIY dengan banyaknya tindakan menyimpang dan kriminalitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek pendidikan karakter yang dominan muncul dalam RPP yang penggunaan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan teknik analisis dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 dokumen RPP dari SMA/SMK sekolah mitra UNY di DIY yang berperan dalam monitoring pelaksanaan kurikulum 2013 tahun 2015. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) dengan menggunakan lembar dokumentasi yang disusun oleh peneliti dan validasi dilakukan oleh expert judgment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa aspek pendidikan karakter yang dominan muncul dalam RPP yang menggunakan kurikulum 2006 adalah toleransi sebesar 24%, kerjasama 15%, tanggung jawab 14%, tanggung jawab 13%, disiplin 13%, jujur 12%, dan religius 9%. Aspek pendidikan karakter yang dominan muncul dalam RPP yang menggunakan kurikulum 2013 adalah religius 23%, disiplin 17%, tanggung jawab 17%, kerjasama 17%, toleransi 15%, jujur 7%, dan cinta damai 4%. Hasil ini selaras dengan aspek pendidikan karakter yang mendominasi pada kurikulum 2006 yaitu toleransi dan pada kurikulum 2013 yaitu religius.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, RPP, Kurikulum.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45770

Actions (login required)

View Item View Item