KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI KABUPATEN BANTUL DITINJAU BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH

Putri, Azusnita Rachma (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI KABUPATEN BANTUL DITINJAU BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AZUSNITA RACHMA PUTRI.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains aspek biologi (KBDKPSAB) pada siswa Sekolah Dasar (SD) kelas V di Kabupaten Bantul (2) ada tidaknya perbedaan KBDKPSAB siswa apabila ditinjau berdasarkan lokasi sekolah (3) keterkaitan KBDKPSAB siswa berdasarkan lokasi sekolah dengan gender (4) keterkaitan KBDKPSAB siswa berdasarkan lokasi sekolah dengan jenis pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V di Kabupaten Bantul. Sampel sebanyak 374 siswa kelas V dari 12 SD di UPTD Bantul dan UPTD Piyungan ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes KKPSAK oleh Bambang Subali, dkk (2015) untuk mengukur KBDKPS dan angket untuk menghimpun data gender dan jenis pekerjaan orang tua. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rerata BDKPSAB tergolong rendah (13,80 dari 40). Tidak terdapat perbedaan KBDKPSAB siswa ditinjau berdasarkan lokasi sekolah karena rerata KBDKPSAB di UPTD Bantul dan UPTD Piyungan samasama tergolong kategori rendah (15,77 dan 12,78). Terdapat keterkaitan antara KBDKPS berdasarkan lokasi dengan gender meskipun tidak membentuk pola terhadap jenis kelamin tertentu. KBDKPS berdasarkan lokasi juga berkaitan dengan jenis pekerjaan orang tua. Siswa dengan orang tua guru/dosen memiliki KBDKPS lebih tinggi dibandingkan siswa dengan orang tua bukan guru/dosen. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, lokasi sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 12:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45752

Actions (login required)

View Item View Item