Struktur Komunitas Plankton pada Musim Penghujan di Telaga Kemuning Kecamatan Pathuk Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Palupy, Isna Fitriana (2016) Struktur Komunitas Plankton pada Musim Penghujan di Telaga Kemuning Kecamatan Pathuk Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ISNA FITRIANA PALUPY.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada bulan Januari – Mei 2016 ini bertujuan untuk mengetahui jenis, kelimpahan, indeks biologi berupa indeks keanekaragaman, indeks dominansi, dan indeks keseragaman plankton pada musim penghujan di telaga Kemuning Kecamatan Pathuk Kabupaten Gunungkidul, DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan purposive sampling untuk mewakili kondisi keseluruhan telaga Kemuning. Prosedur penelitian dimulai dengan pengambilan data di lapangan, pengukuran parameter lingkungan, dan pengamatan di laboratorium. Data yang diperoleh dianalisis kelimpahan dan indeks biologi (keanekaragaman, dominansi, dan keseragaman). Berdasarkan hasil penelitian plankton yang ditemukan terdiri dari fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton yang ditemukan terdiri dari 6 kelas yaitu Bacillariophyceae (15 spesies), Chlorophyceae (5 spesies), Coscinodiscophyceae (1 spesies), Cyanophyceae (5 spesies), Conjugatophyceae (4 spesies) dan Ulvophyceae (1 spesies). Zooplankton yang dijumpai terdiri dari 4 kelas yaitu Branchiopoda (2 spesies), Eurotatoria (14 spesies), Lobosa (1 spesies) dan Maxillopoda (2 spesies). Kisaran kelimpahan plankton di perairan telaga Kemuning adalah antara 13194,8 – 25371,6 sel/Liter dan termasuk perairan mesotrof. Kisaran indeks keanekaragaman plankton di perairan telaga Kemuning adalah 1,9 – 2,05 dan termasuk keanekaragaman yang sedang/moderat. Kisaran indeks dominansi plankton di perairan telaga Kemuning adalah 0,22 – 0,26 dan termasuk indeks dominansi yang rendah. Kisaran indeks keseragaman plankton di perairan telaga Kemuning adalah 0,66 – 0,73 dan termasuk cukup merata. Kata kunci : plankton, telaga Kemuning, struktur komunitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 12:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45751

Actions (login required)

View Item View Item