Kusumaningrum, Betty (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan RME dalam Pembelajaran Aljabar di SMP yang Berorientasi pada Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Penyelesaian Masalah, dan Kemandirian Belajar Matematika. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-betty-kusumaningrum-14709251075.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, efekif, dan efisien yang berorientasi pada kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan penalaran matematis, dan kemandirian belajar matematika pada materi pokok aljabar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Subyek uji coba penelitian yaitu 32 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kalasan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar validasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian guru, lembar penilaian peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah tes hasil belajar, tes kemampuan penyelesaian masalah, tes kemampuan penalaran matematis, dan angket kemandirian belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar lima kriteria. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME yang terdiri dari RPP dan LKS yang valid, efektif, dan efisien. Hasil penilaian kevalidan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli adalah valid dengan kategori sangat baik. Hasil kepraktisan berdasarkan penilaian guru mencapai kategori baik, sedangkan berdasarkan penilaian peserta didik memiliki persentase sebesar 84,37 % dengan kategori minimal baik, dan persentase lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata sebesar 81,8%, sehingga dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran terlihat dari persentase ketercapaian KKM sebesar 80% untuk tes hasil belajar, dan 75% untuk tes penyelesaian masalah dan penalaran matematis. Hasil tes menunjukkan, persentase tes kemampuan penyelesaian masalah sebesar 84,4%, tes kemampuan penalaran matematis sebesar 78,12%, dan tes prestasi belajar sebesar 81,25%, serta hasil angket kemandirian belajar sebesar 78,125 % dengan kategori minimal baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RME, penyelesaian masalah, penalaran matematis, kemandirian belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 08:07 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |