Pengembangan Bahan Ajar Pengayaan Trigonometri SMA IPA Menggunakan Teknik Faded Examples untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Minat Siswa.

Pambayun, Hanifa Prahastami (2016) Pengembangan Bahan Ajar Pengayaan Trigonometri SMA IPA Menggunakan Teknik Faded Examples untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Minat Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanifa-prahastami-pambayun-14709251078.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan pengembangan bahan ajar pengayaan trigonometri SMA IPA menggunakan teknik faded examples yang berkualitas untuk meningkatkan prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan minat siswa. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan mencakup aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang mencakup tiga tahapan. Tahap pertama, penelitian awal mencakup analisis kebutuhan dan analisis konteks. Tahap kedua, pengembangan yang mencakup desain produk dan pembuatan produk. Tahap ketiga, evaluasi yang meliputi proses validasi dan proses implementasi. Proses pengembangan melibatkan dua ahli, satu orang guru dan 50 siswa (siswa kelas X pengayaan 1 dan X pengayaan 2) SMA IPA di Mataram. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar pengayaan berupa buku guru dan buku siswa yang dikembangkan dengan menerapkan teknik faded examples. Teknik faded examples dikembangkan oleh teori desain pembelajaran bernama Cognitive Load Theory (CLT). Untuk mengembangkan bahan ajar ini, peneliti memperhatikan aspek extraneous dan intrinsic cognitive load yang mungkin diakibatkan ketika siswa mempelajari faded examples melalui analisis isi kurikulum secara menyeluruh, memperhatikan urutan penyajian, kompleksitas penyajian, dan fokus materi pada kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan karena dinilai sangat baik secara isi dan penyajian oleh dosen validator, sangat praktis oleh guru matematika dan sangat praktis digunakan oleh siswa. Hasil ketuntasan belajar adalah sebanyak 100% siswa mencapai nilai minimal prestasi belajar dan 100% siswa mencapai nilai minimal kemampuan pemecahan masalah. Minat siswa setelah pembelajaran dapat dikategorikan tinggi dengan rata-rata skor 68,5 (X pengayaan 1) dan 72,1 (X pengayaan 2).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, faded examples, cognitive load, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, minat siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jan 2017 07:46
Last Modified: 09 May 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45744

Actions (login required)

View Item View Item