Prasetya, Arif Eka (2016) Pengembangan Media Pembelajaran I2M (Interaktif, Inspiratif, dan Menyenangkan) pada Materi Animasi Stop Motion. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-arif eka prasetya-14702251026.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangankan media pembelajaran yang sesuai dengan indikator pembelajaran I2M (interaktif, inspiratif, dan menyenangkan); (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran I2M yang dikembangkan sebagai alat bantu pembelajaran; (3) mengetahui apakah media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan dengan model Alessi dan Trollip dengan tahapan perencanaan, desain, dan pengembangan. Penelitian dimulai dari bulan Maret sampai Juni 2016. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media dan guru mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa XI Multimedia 1 di SMK N 2 Yogyakarta. Setelah diujicobakan kepada siswa, kemudian dilakukan tes hasil belajar secara kognitif dan psikomotorik. Media dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa jika semua siswa mendapatkan nilai kognitif dan psikomotorik di atas KKM (Kriteria Kelulusan Minimum). Instrumen pengumpulan data adalah panduan wawancara guru, angket penilaian produk, angket penilaian kesesuaian media terhadap indikator I2M, dan angket respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk media pembelajaran yang dihasilkan berupa software yang dikemas dalam DVD dengan menerapkan indikator I2M. (2) Berdasarkan hasil validasi ahli media, produk media yang dikembangkan “telah layak” dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran yang memiliki kualitas “sangat baik” dan kesesuaian dengan indikator I2M dalam kategori “baik”. Berdasarkan penilaian oleh guru pengampu mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan siswa, produk media yang dikembangkan sesuai dengan indikator I2M dengan kategori “sangat baik”. (3) Berdasarkan tes prestasi hasil belajar, produk media yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari aspek kognitif maupun psikomotorik. Seluruh nilai siswa lebih tinggi dari KKM. Rata-rata nilai kognitif sebesar 91,5 sedangkan rata-rata nilai psikomotorik sebesar 86.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, I2M, Materi Pelajaran Animasi Stop Motion |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 01:57 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 06:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45738 |
Actions (login required)
View Item |