LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 1 PAKEM

Muhammad Ichsan Maulana, Muhammad Ichsan Maulana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13206244018 Muhammad Ihchsan Maulana_ Pend.Seni Rupa.pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasisiwa dapat mengenalserta menghayatiseluk beluklemaga pendidikan dengan segenap permasalahanya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendididkan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmuyang telah mereka pelajari sebelumnya. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraanya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dama segi kualitas maupun kuantitas. Praktik Penglaman Lapangan bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diribagi sekolah. Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih didalam dunia pendidikan sehingga mereka siap akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah diawali dengan observasi taggal 15 juli 2016, kemudian pelaksanaanPPL dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 september 2016, yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pakem. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Pakem ini, penyususn mendapat kesempatan praktek mengajar mata pelajaran Seni Rupa di kelas VIII yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Penyusun melakukan praktik mengajar di setiap kelas setiap hari Selasa jam pelajaran 7-8, Kamis jam pelajaran 3-4, dan Jumat jam pelajaran 3-4. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ppl yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengolahan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, sekolah, SMP Negeri 1 Pakem, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jan 2017 01:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45720

Actions (login required)

View Item View Item