KONSTRIBUSI KESIAPAN BELAJAR DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM STARTER DAN PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 BINANGUN

Gusnianto, Nendi (2016) KONSTRIBUSI KESIAPAN BELAJAR DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM STARTER DAN PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 BINANGUN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nendi Gusnianto_NIM.12504244014_Naskah TAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi: (1) Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Pada Mata pelajaran Sistem Starter dan pengisian di SMK Negeri 1 Binangun; (2) Kelengkapan Sarana Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Pada Mata pelajaran Sistem Starter dan pengisian di SMK Negeri 1 Binangun; dan (3) Kesiapan Belajar dan Kelengkapan Sarana Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Pada Mata pelajaran Sistem Starter dan pengisian di SMK Negeri 1 Binangun. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tekhnik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Binangun yang berjumlah 169 siswa, dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan dilihat pada tabel Isaac dan Michael diperoleh jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji coba intrumen dilakukan pada 30 siswa di SMK Negeri 1 Binangun yang bukan merupakan sampel penelitiian. Uji validitas menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji realiabilittas menggunakan Cronbach alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikoloniearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan: (1) Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI ditunjukan dengan R2x1y 0,103 dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 9,20%; (2) Kelengkapan Sarana Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI ditunjukan dengan R2x1y 0,064 dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,20%; dan (3) Kesiapan Belajar dan Kelengkapan Sarana Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI ditunjukan dengan R2y(1,2) 0,104 dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 10,40%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesiapan Belajar, Kelengkapan Sarana Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa Kelas XI
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:18
Last Modified: 05 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45696

Actions (login required)

View Item View Item