LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ELKHANA MEINAWATI, ELKHANA MEINAWATI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Elkhana 13103241083.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN Elkhana 13103241083.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Matrix ELkhana 13103241083.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang ditujukan bagi mahasiswa yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang kompetensi apa saja yang harus dimiliki sebagai calon guru. PPL diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kongkrit bagaimana cara mengajar sebagai guru di sekolah. PPL sangat diperlukan bagi mahasiswa kependidikan untuk mengembangkan kompetensi sosial dan kepribadian disamping kompetensi pengetahuan yang harus dimiliki. Sebagai pengemban setiap tugas professional, seorang calon guru dituntut tidak hanya tahu dan memahami tugasnya, namun jauh lebih penting daripada itu adalah mampu melaksanakan tugasnya sebagai guru. Kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai guru inilah yang dibentuk melalui PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Berlangsung selama 2 bulan, mulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang diselenggarakan ini didasarkan pada hasil observasi yang sudah dilaksanakan, dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan. SLB Wiyata Dharma 1 Sleman merupakan sekolah luar biasa dengan jenis kekhususan tunarungu dan tunagrahita. Siswa yang menjadi subyek dari pelaksanaan PPL ialah siswa kelas V SDLB dengan kekhususan tunarungu yang sebelumnya telah dilakukan asesmen. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dengan beberapa tahap kegiatan sistematis yang dirancang untuk mengetahui karakteristik, kebutuahan, dan layanan yang diberikan kepada siswa. Tahap kegiatan PPL meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) re-asesmen, 4) penyusunan perangkat pembelajaran, 5) pembuatan media pembelajaran, 6) pengajaran individual, 7) pendampingan, 8) bimbingan dengan guru, 9) bimbingan dengan DPL, dan 10) penyusunan laporan akhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SLB Wiyata Dharma 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45684

Actions (login required)

View Item View Item