Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih SMK Paket Keahlian Multimedia di Kabupaten Bantul

Asror, Ahmad Chazimul (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih SMK Paket Keahlian Multimedia di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad chazimul asror-14702251011 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pemahaman diri terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, (2) pengaruh layanan bimbingan konseling (karir) terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, (3) pengaruh persepsi terhadap SMK terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, (4) pengaruh latar belakang keluarga terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, dan (5) pengaruh pemahaman diri, layanan bimbingan konseling (karir), persepsi terhadap SMK, dan latar belakang keluarga, secara bersama-sama terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sampel sebanyak 131 siswa di ambil dari lima SMK di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data ditentukan dengan menggunakan angket. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan ujicoba instrumen. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman diri terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan konseling (karir) terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi terhadap SMK terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang keluarga terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul, dan (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman diri, layanan bimbingan konseling (karir), persepsi terhadap SMK, dan latar belakang keluarga, secara bersama-sama terhadap minat siswa memilih SMK paket keahlian multimedia di Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat, pemahaman diri, layanan BK, persepsi terhadap SMK, latar belakang keluarga, SMK paket keahlian multimedia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:20
Last Modified: 22 Aug 2022 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45679

Actions (login required)

View Item View Item