Fitriyani, Fitriyani (2016) Komparasi Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Matematika Realistik (RME) dengan Metode Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar, dan Self Efficacy Siswa. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-fitriyani-14709251054.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran berbasis matematika realistik dengan metode problem solving ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar, dan self efficacy siswa 2) keefektifan pendekatan matematika realistik dengan metode problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar, dan self efficacy, dan 3) manakah yang lebih efektif antara pembelajaran berbasis matematika realistik (RME) dengan model problem solving dan problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar, dan self efficacy pada siswa SMP Negeri 1 Piyungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest two treatment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan, Bantul, Yogyakarta yang terdiri atas delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak sehingga diperoleh kelas VIII F dan kelas VIII H. Pada kelas VIII F diberikan perlakuan berupa pembelajaran berbasis matematika realistik dengan metode problem solving dan kelas VIII H diberikan perlakuan berupa pembelajaran berbasis matematika realistik dengan metode problem posing. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes dengan instrumen penelitian tes kemampuan pemecahan masalah, tes prestasi belajar, dan angket self efficacy. Pengujian keefektifan metode problem solving berbasis matematika realistik dan problem posing berbasis matematika realistik pada masing-masing variabel dilakukan dengan uji one sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan metode problem solving berbasis matematika realstik dan problem posing berbasis matematika realistik, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T2 Hotelling’s dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis matematika realistik dengan metode problem solving efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar, dan self efficacy siswa (2) pembelajaran berbasis matematika realistik dengan metode problem posing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar, dan self efficacy siswa, dan (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara metode problem solving berbasis matematika realistik dan metode problem posing berbasis matematika realistik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar, dan self efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika realistik, problem solving, problem posing, kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar matematika, dan self efficacy |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 03:00 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45677 |
Actions (login required)
View Item |