LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman.

Novena Putri Devi, Novena Putri Devi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOVENA PUTRI DEVI13103241010.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman mengajar dalam Program PPL wajib untuk di ikuti oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Program Pengalaman Lapangan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Sedangkan pada saat terjun langsung ke lapangan melalui PPL ini, mahasiswa berkesempatan mempraktikkan beragam teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara langsung atau riil, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut dengan sebaik-baiknya, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Pelaksanaan PraktikPengalamanLapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SLB Citra Mulia Mandiri telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa dari jurusan pendidikan luar biasa.Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar secara akademik maupun non akademik seperti bina diri, konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan pelaksanaan mengajar, mempersiapkan media dan alat pembelajaran, evaluasi kegiatan pembelajaran, dan menyusun laporan PPL pada akhir kegiatan PPL. Praktek mengajar terbimbing dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 13 September 2016, dengan melakukan praktik sebanyak 12 kali pertemuan untuk Program Bina Diri dan 6 kali pertemuan untuk praktik mengajar dengan satu subjek yang bernama Insan Nur Abdillah yang duduk dikelas 12 SMALB. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Program mengajar menggunakan metode drill untuk program Bina Diri, tanya jawab, pemberian tugas dan unjuk kerja. Media yang digunakan pada saat mengajar adalah teks bacaan dan kartu gambar, dimana anak dapat mengekspresikan dirinya melalui bacaan serta gambar dan warna. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatanPPL ini diharapkan mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa berkaitan dengan proses pendidikan dan pembelajaran di SLB Autis Citra Mulia Mandiri

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SLB Citra Mulia Mandiri
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jan 2017 01:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45668

Actions (login required)

View Item View Item