LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman.

Edo Lely Sagita, Edo Lely Sagita (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EDO LELY SAGITA 13103241063.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai wahana pembentukan dan peningkatan kamampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mempraktikkan beragam teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara langsung, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan kegiatan lainnya yang menunjang kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar terbimbing dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 14 September 2016, dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan yaitu dengan satu subjek yang bernama Qonitah Diva Khairunisa duduk dikelas TK/B TKLB. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Program pembelajaran kegiatan PPL yang dilakukan oleh penulis ialah memberikan stimulus pada bidang kognitif, afektif dan psikomotor pada anak melalui program pembelajaran pra akademik mengenal dan menulis angka, sehingga nantinya anak mampu mengikuti pelajaran akademik dengan baik ketika anak sudah duduk di bangku sekolah dasar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL SLB Autis Citra Mulia Mandiri, pre akademik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jan 2017 01:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45665

Actions (login required)

View Item View Item