LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN YOGYAKARTA

REDY ADITYA DEMI P.H, REDY ADITYA DEMI P.H (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru ataupendidik atau tenaga kependidikan.Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitumasyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupunkegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkandapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa,terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman beralamat di Jalan Cinderawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung daritanggal 15Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukanpraktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas X AP1, XAP 2, XI AP1, XI AP2, XII AP 1, dan XII AP 2. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL,dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitupersiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yangdilaksanakan pada tanggal Februari 2015, pembuatan persiapan mengajar yaitupersiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasiproses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 15 Juli 2016,kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 15juli- 15 September 2016 yaitudi kelas X AP 1, X AP 2, XII AP 1, dan XII AP 2. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untukpembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untukmenjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang manapada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar,bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang eratkaitannya dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 08:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45636

Actions (login required)

View Item View Item