LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI : SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat : Jl. Turi Km 3 Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513

Taufan Adi Prdana, Taufan Adi Prdana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI : SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat : Jl. Turi Km 3 Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8. TAUFAN ADI P_13301241059_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FMIPA_.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sleman selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan sebelum PPL yaitu pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat analisis harian efektif, rencana pelaksanaan pembelajaran, soal dan pedoman penskoran ulangan harian, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2015 telah menempuh 33.1 jam. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas yang sudah di tentukan yaitu kelas VIII C dan XI B. Selain mengajar, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah), upacara, piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), jaga buku tamu, les dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan prakikan mempunyai bekal unuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai lebih dari 8 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut tidak pernah terlepas dari kendala dan hambatan, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hambatan tersebut dengan berjalannya waktu praktik hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya bimbingan dari guru pamong dan pihak-pihak terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 4 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 05:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45625

Actions (login required)

View Item View Item