LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513

Topan Arianto, Topan Arianto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. TOPAN ARIANTO_13416241054_PENDIDIKAN IPS_FIS_.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 4 Sleman, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain demonstrasi, tanya jawab, Problem Based Learning (PBL), dan Teams Games Turnament (TGT). Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, slide powerpoint, media ulartangga, serta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Kegiatan PPL yang dilaksanakan, khususnyya praktik mengajar di kelas berjumlah 18 kali pertemuan dengan jumlah jam total sejumlah 24 jam selama dua bulan. Harapan dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal sekaligus pangalaman serta gambaran nyata tentang pelaksanaan kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Sehingga mahasiswa nantinya akann menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Kelancarann dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan PPL adalah berkat semua pihak yang sudah ikut serta dan bekerjasama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 4 Sleman, Tenaga Pendidik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 05:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45623

Actions (login required)

View Item View Item