LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513

Rakhmadani Akbar Kurniawan, Rakhmadani Akbar Kurniawan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. RAKHMADANI AKBAR K_13416241064_PENDIDIKAN IPS_FIS_.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Usaha meningkatkan kualitas calon guru telah diterapkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta melalui program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). PPL merupakan kegiatan yang memadukan antara teori dan praktik yang dikemas menjadi suatu kegiatan yang berkesinambungan yang bermanfaat untuk mahasiswa dalam mengembangkan ilmu-nya. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan salah satunya mahasiswa Pendidikan IPS. Program tersebut dilaksanakan secara 2 bulan dimana mahasiswa calon guru belajar mengenal lebih dekat kegiatan-kegiatan sekolah. Program PPL ini meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Salah satu sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik PPL adalah SMP N 4 Sleman, program ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Kegiatan mengajar dilaksanakan secara terbimbing dan mandiri. Kegiatan mengajar dilaksanakan minimal 8 kali pertemuan agar mahasiswa mampu mengevaluasi diri dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada saat melaksanakan praktik mengajar, praktikan mengajar kelas VII B, VII C, dan VIII C dengan jumlah 25,2 jam. Metode yang digunakan dalam pembelajaran di kelas beragam, antara lain Problem Based Learning (PBL), Time Games Tournament (TGT), dan Inquiry (Mencari). Metode tersebut juga dikolaborasikan dengan penugasan dan tanya jawab agar pembelajaran bervariasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain peta, video pembelajaran, slide Power Point, gambar vulkanisme, patahan, lipatan, manusia purba beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan selama waktu pelaksanaan PPL, diantaranya dalam mengkondisikan siswa di kelas, semangat belajar yang kurang ketika jam siang, serta siswa yang malu dalam berbicara ketika menyampaikan hasil pekerjaannya. Meskipun begitu banyak cara yang diupayakan oleh praktikan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut seperti berjalan keliling kelas untuk mengkondisikan siswa, memberikan video animasi agar siswa tertarik untuk belajar, serta memberikan pertanyaan kepada siswa yang pendiam. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini, harapannya mahasiswa mendapat pangalaman dan gambaran secara langsung tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya dalam praktik mengajar di kelas. Mahasiswa mampu belajar dan mengevaluasi diri agar ketika lulus mampu menyesuaikan diri dengan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 4 Sleman, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45622

Actions (login required)

View Item View Item