LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Jl. Turi Km 3 Trimulyo Sleman

IMAM HARIYADI, IMAM HARIYADI (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Jl. Turi Km 3 Trimulyo Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. IMAM HARIYADI_13601241033_PJKR_FIK_.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan wajib yang mempunyai kaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan lain dari PPL yaitu memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari permasalahan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu interdisipliner ke dalam kegiatan nyata di lembaga pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sleman selama 2 bulan sejak tanggal 15 juli – 15 September 2016. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan sebelum PPL yaitu pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat analisis harian efektif, rencana pelaksanaan pembelajaran, soal dan pedoman penskoran ulangan harian, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 juli – 15 September 2015 dengan jumlah kelas yang diajar sebanyak 4 kelas. Selain itu, juga ada beberapa kegiatan kelompok yang dilaksanakan seperti Lomba Kebersihan Kelas, Pendampingan Ekstrakurikuler, Pengadaan Buku Perpustakaan, Jumat Sehat, dan Jumat Bersih. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 38.4 jam praktik mengajar di kelas. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri agar tidak terjadi miss komunikasi dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 4 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45620

Actions (login required)

View Item View Item