Resti Rizqy Amalia, Resti Rizqy Amalia (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
2. RESTI RIZQY AMALIA_13201241012_PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA_FBS_.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebuah program wajib bagi mahasiswa kependidikan. Kegiatan ini telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sleman selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan pendukung lainnya yang terjadi di sekolah. Ini dilakukan sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan sebelum PPL berlangsung yaitu pada saat KBM dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat analisis harian efektif, rencana pelaksanaan pembelajaran, soal dan pedoman penskoran ulangan harian, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian. Kegiatan pratik mengajar dimulai sejak tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Selain itu, juga ada beberapa kegiatan kelompok yang dilaksanakan seperti Lomba Kebersihan Kelas, Pendampingan Ekstrakurikuler, Pendampingan Jam Tambahan, Pendampingan Lomba Masak, Pengadaan Buku Perpustakaan, Jumat Sehat, Jumat Bersih, Pengadaan Plang Kelas, dan Penamaan Tempat Sampah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktik sudah melebihi 8 kali pertemuan dengan jumlah jam mengajar sebanyak 24,6 jam. Melalui kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak terkait. Setelah berakhirnya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas, juga dapat mengkondisikan kelas, serta mengajar secara lebih baik dengan memperhatikan kondisi kelas.
| Item Type: | Monograph (Project Report) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PPL, SMP N 4 Sleman, Pembelajaran |
| Subjects: | LPPMP |
| Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
| Depositing User: | LPPMP |
| Date Deposited: | 10 Jan 2017 03:22 |
| Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
