Margaretha Agnes M Mayor, Margaretha Agnes M Mayor (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMP N 1 SLEMAN YOGYAKARTA Jl. Bhayangkara 27, Medari, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
MARGHARET AGNES MAYOR 13202249040.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki sebuah program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang biasa dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai kegiatan yang mana kegiatan ini adalah dasar atau menyangkut profesinya sebagai tenaga pendidik. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyaraka terutama dalam dunia belajar mengajar di lembaga kependidikan. Pelaksanaan PPL bertempat di SMP Negeri 1 Sleman, dengan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non-fisik sesuai ketrampilan yang dimiliki mahasiswa. Program PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Ada pula beberapa kegiatan persiapan yang dilakukan sebelum mahasiswa di terjunkan ke lapangan praktik. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan perangkat pembelajaran, pengadaan silabus, membuat pogram tahunan, program semester dan RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang pelaksanaannya berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Sleman antara lain praktik mengajar sebanyak 11 kali tatap muka pertemuan di kelas VIII D dan VIII E, dan melaksanakan program insidental yaitu melakukan presensi disetiap kelas dan piket bersalaman dengan siswa dipagi hari. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata.Pelaksanaan PPL ini tentulah bermanfaat untuk praktikan, walaupun terkadang dijumpai hambatanhambatan. Terdapat pula kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan PLL namun praktikan selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi kelemahan yang dihadapi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UNY, PPL, SMP Negeri 1 Sleman, mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 02:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45606 |
Actions (login required)
View Item |