PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KOMPONEN BIOMOTOR SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN 2015

Jaya Adi, Praptama (2016) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KOMPONEN BIOMOTOR SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah masih rendahnya kondisi fisik yang mencakup komponen biomotor siswa kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap komponen biomotor siswa kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Panduan Identifikasi Bakat Istimewa Olahraga oleh Direktorat Pembinaan Khusus Layanan Khusus Pendidikan Dasar Kemdikbud bekerjama dengan FIK UNY dan Asosiasi Pelatih Olahraga Indonesia (APORI) Tahun 2014. Instrumen tes terdiri dari lari 20 meter dengan validitas 0,393, kelincahan 0,485, triple hop jump 0,657, upper body 0,618, lari 40 meter 0,511, beep test 0,598 dan reliabilitas tes ini 0,520. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan small sided games terhadap komponen biomotor siswa kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung (13,077) > t tabel (1,697), dan nilai p < dari 0,05. Nilai rata-rata pretest komponen biomotor adalah sebesar 50,04, sedangkan nilai rata-rata posttest komponen biomotor adalah sebesar 53,03. Sehingga memiliki mean difference sebesar 2,99. Dari hasil uji t dan mean difference tes komponen biomotor dapat diketahui bahwa ada pengaruh peningkatan yang signifikan latihan small sided games terhadap komponen biomotor siswa kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun 2015.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Small Sided Games, Komponen Biomotor, Kelas Khusus Olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 12:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45595

Actions (login required)

View Item View Item