PENGARUH PERMAINAN LOMPAT KARDUS TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LOMPATAN PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL TAHUN 2016

Guntur, Ariwibowo (2016) PENGARUH PERMAINAN LOMPAT KARDUS TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LOMPATAN PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli kurang mendapat variasi latihan untuk meningkatkan kemampuan vertical jump. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat kardus terhadap peningkatan tinggi lompatan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul. Jenis penelitian ini pra eksperimental, dengan desain “one group pretest and posttest design”. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tinggi lompatan, yaitu vertical jump dengan satuan centimeter. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan lompat kardus terhadap peningkatan tinggi lompatan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul dengan nilai t hitung 5,162 > t tabel (df 22;0,05) 2,07, dan kenaikan persentase sebesar 8,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tinggi lompatan, permainan, lompat kardus
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:31
Last Modified: 30 Jan 2019 12:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45592

Actions (login required)

View Item View Item