PERBEDAAN SIKAP SOSIAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMP N 1 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN

Titang Yuniasti, T.A (2016) PERBEDAAN SIKAP SOSIAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMP N 1 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler olahraga dapat membentuk sikap sosial siswa, akan tetapi jam ekstrakurikuler sangat sedikit. Kegiatan yang dilakukan ekstrakurikuler non olahraga lebih banyak sehingga siswa yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga lebih sering malakukan interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap sosial siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuer non olahraga di SMP N 1 Tempel Kabupaten Sleman Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan menggunakan angket sebanyak 29 butir pernyataan. Subjek penelitian adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga sebanyak 72 siswa dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuer non olahraga sebanyak 71 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (independent sample t test). Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (5,208) > t tabel (1,980), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan diartikan Ha: diterima dan Ho: ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan sikap sosial siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuer non olahraga di SMP N 1 Tempel Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Ekstrakurikuler Olahraga, Ekstrakurikuer Non Olahraga
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:25
Last Modified: 30 Jan 2019 12:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45587

Actions (login required)

View Item View Item