LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman Yogyakarta

KASYIFATUN AENI, KASYIFATUN AENI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
17. Kasyifatun Aeni_13301241055_Pendidikan Matematika.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 18 September 2016 (tahun ajaran baru 2016/2017). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA N 1 Cangkringan. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas XI IPA 2. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran Matematika di kelas X A SMA Negeri 1 Cangkringan pada hari Senin tanggal 11 April 2016, diketahui bahwa dalam pembelajaran Matematika masih sering menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Untuk menciptakan suasana pembelajaran agar siswa aktif masih sulit dilakukan di kelas. Pelajaran Matematika sendiri ternyata masih menjadi momok yang menakutkan bagi anak SMA. Ketertarikan siswa terhadap belajar matematika salah satunya ditentukan oleh pertemuan pertama pada seorang guru Matematika ketika masuk ke kelas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan SMA N 1 Cangkringan Sleman terletak di Jl Merapi Golf Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) Pembuatan RPP; 2) Pembuatan kisi-kisi soal ulangan harian; 3) Pembuatan soal evaluasi dan ulangan harian; dan 4) Pembuatan Progam Semester dan Program Tahunan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Matematika, PPL, observasi, mahasiswa, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 03:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45536

Actions (login required)

View Item View Item