LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 CANGKRINGAN Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

FAJAR WISNU WIJAYANTO, FAJAR WISNU WIJAYANTO (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 CANGKRINGAN Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. Fajar Wisnu Wijayanto_13406241035_Pendidikan Sejarah.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah dengan bobot 3 SKS yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan di SMA N 1 Cangkringan Sleman terletak di Jl Merapi Golf Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan Sleman, Yogyakarta. Tujuan dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan yang profesional di dalam bidangnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Sebelum melakukan Praktik mengajar mahasiswa melakuk observasi terlebih dahulu untuk mengetahui karakteristik sekolah dan peserta didik. Setelah mengetahui karakteristik sekolah dan peserta didik kemudian merencanakan rencana pembelajaran dengan berkonsultasi pada DPL PPL dan guru pamong untuk membuat rencana pembelajaran dan progam kerja. Dalam praktik pengalaman lapangan ini mahasiswa juga dilatih membuat administrasi sekolah. Untuk praktik mengajar di kelas, kelas XI IPA 2 dan XI IPS 1. Dalam praktel PPL ini menghasilkan 16 kali pertemuan dengan 6 kali pertemuan dengan kelas IPA 2 dan 10 kali pertemuan dengan IPS 1. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan dan kegiatan diluar pembelajaran agar mahasiswa mengenal sistem manajemen yang ada disekolah. Selama praktik pengalaman lapangan yang sudah dilaksanakan terdapat beberapa kesimpulan yaitu peserta didik SMA N 1 Cangkringan mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan mempunyai nilai kebersamaan yang tinggi dalam belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,SMA N 1 Cangkringan, Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 03:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45532

Actions (login required)

View Item View Item