UPAYA PENINGKATAN PENALARAN MORAL MELALUI MATERI CERITA DILEMA MORAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Tommy Nirwan Herjuno, Tommy (2017) UPAYA PENINGKATAN PENALARAN MORAL MELALUI MATERI CERITA DILEMA MORAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penalaran moral melalui materi cerita dilema moral pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta. Materi cerita dilema moral yang dibuat berdasarkan teori Kohlberg dengan diberi pertanyaan (Defining Issue Tes -1 dari Rest) dan disediakan 12 pernyataan pada setiap cerita, agar siswa dapat memilih jawaban paling penting pertama, paling penting kedua, paling penting ketiga, dan paling penting keempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa pada kelas X UPW dan AP (2 kelas). Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan angket. Instrumen penelitian menggunakan Defining Issue Test (DIT-1 dari Rest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan dilakukan pemberian materi cerita dilema moral untuk meningkatkan penalaran moral siswa. Tahap refleksi dilakukan perbaikan pada siklus sebelumnya, sehingga penalaran moral pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Siswa berada pada tahap 2 sebanyak 12 siswa atau sebanyak 33.3%; tahap 3 sebanyak 10 siswa atau sebesar 27.8%; penalaran moral siswa yang berada pada tahap 4 sebanyak 7 siswa atau sebesar 19.4%, tahap 5 sebanyak 5 siswa atau sebesar 13.9%, dan tahap 6 sebanyak 2 siswa atau sebesar 5.6%. Setelah dilakukan refleksi perbaikan dan dilakukan Siklus II, hasil yang didapat terlihat seperti pada tabel berikut ini. Dari hasil data rekapitulasi, dapat diketahui jumlah siswa pada Siklus II yang memiliki penalaran moral pada tahap 2 sebanyak 6 siswa atau sebanyak 16.7%; tahap 3 sebanyak 6 siswa atau sebesar 16.7%; penalaran moral siswa yang berada pada tahap 4 sebanyak 11 siswa atau sebesar 30.6%, tahap 5 sebanyak 8 siswa atau sebesar 22.2%, dan tahap 6 sebanyak 5 siswa atau sebesar 13.9%. Dari hasil tersebut, maka kriteria keberhasilan berhasil dicapai, karena sudah lebih dari 65% siswa berada pada tahap 4. Kata kunci : penalaran moral, bimbingan dan konseling, cerita dilema moral

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:37
Last Modified: 30 Jan 2019 12:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45522

Actions (login required)

View Item View Item