PENGARUH KEMATANGAN EMOSI TERHADAP COPING PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 4 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Anisah, Anisah (2017) PENGARUH KEMATANGAN EMOSI TERHADAP COPING PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 4 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ANISAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kematangan emosi terhadap coping pada siswa kelas VII di SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekspos fakto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 89 siswa. Alat pengumpul data berupa skala kematangan emosi dan skala coping. Uji validitas intrumen menggunakan uji Corrected Item-Total Corelation. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana pada uji hipotesis dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi terhadap coping pada siswa kelas VII dengan sumbangan efektif sebesar 58,3%. Persamaan garis regresinya yaitu Y = 15,463 – 0,774X. Kesimpulan penelitian ini adalah mayoritas kematangan emosi pada siswa kelas VII berada pada kategori sedang, coping pada siswa kelas VII berada pada kategori sedang, dan kematangan emosi dapat memprediksi coping pada siswa kelas VII di SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta. Kata kunci: kematangan emosi, coping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:20
Last Modified: 06 Jan 2017 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45521

Actions (login required)

View Item View Item