M. Farid, Adi Susilo (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Skripsi_M Farid Adi S_09502244009_PTE.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Saptosari. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Saptosari. (3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Saptosari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan expost-facto. Penelitian melibatkan seluruh anggota populasi yaitu siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Saptosari yang berjumlah 62 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai rapor. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilaii thitung 4,029 lebih besar dari nilai ttabel=1,669 dan sumbangan efektif sebesar 15,93% terhadap prestasi belajar siswa. (2) terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilaii thitung 3,751 lebih besar dari nilai ttabel=1,669 dan sumbangan efektif sebesar 13,24% terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh yang positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,292 dan Fregresi sebesar 12,154 lebih besar dari Ftabel=3,15. Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 29,17% terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan sekolah, kemandirian belajar dan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 07:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |