Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Berbantuan Alat Peraga Virtual untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah.

Sulistyaningrum, Sulistyaningrum (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Berbantuan Alat Peraga Virtual untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulistiyaningrum-12709259049.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran geometri berbantuan alat peraga virtual untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa yang berkualitas dengan ditinjau dari: 1) tingkat kevalidan hasil pengembangan media pembelajaran geometri dengan menggunakan program Adobe Flash CS3; 2) tingkat kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran geometri dengan menggunakan program Adobe Flash CS3; dan 3) tingkat keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran geometri dengan menggunakan program Adobe Flash CS3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Alenssi dan Trollip yang terdiri dari tiga langkah penelitian, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan dua evaluasi yaitu (1) evaluasi formatif yang terdiri dari tes alpha dimana diujikan oleh para ahli, dan tes beta yang diujikan pada 6 siswa, (2) evaluasi sumatif dilakukan setelah proses uji coba lapangan untuk mengevaluasi semua proses pengembangan media pembelajaran. Uji coba lapangan dilaksanakan di MAN Yogyakarta II selama 2 minggu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan tes. Angket terdiri dari dua macam yaitu angket untuk menilai media pembelajaran dan angket motivasi siswa. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis keefektifan produk yang dikembangkan ditinjau dari data motivasi belajar siswa dan tes prestasi belajar siswa. Secara keseluruhan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Learning media, virtual device, geometry
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jan 2017 03:45
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45516

Actions (login required)

View Item View Item