Pengaruh Problem Posing Berbasis Cooperative dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Analytical Thinking Skill dan Kemampuan Kerjasama dalam Berdiskusi.

Rusmanto, Setyo Eko (2016) Pengaruh Problem Posing Berbasis Cooperative dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Analytical Thinking Skill dan Kemampuan Kerjasama dalam Berdiskusi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-setyo-eko-rusmanto-14726251011.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan analytical thinking skill dan kemampuan kerjasama dalam berdiskusi pada pembelajaran Suhu dan Kalor antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran induktif dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran problem posing berbasis cooperative. (2) Mana yang lebih baik antara pembelajaran induktif dan pembelajaran problem posingberbasis cooperative untuk meningkatkan analytical thinking skill sertakemampuan kerjasama dalam berdiskusipeserta didik. .Penelitian ini merupakan quasi eksperiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Banguntapan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Jumlah peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 29 peserta didik. Rancangan yang digunakan pada eksperimen adalah pretest-posttest. Data yang diperoleh adalah kemampuan analytical thinking skill dan kemampuan kerjasama dalam berdiskusi melalui test dan observasi. Data hasil berupa data kuantitatif, kemudian diolahmenggunakan analisis statistika multivariat MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuananalytical thinking skillyang signifikan pada pembelajaran Suhu dan Kalor antara peserta didik denganmenggunakan pembelajaran induktif danproblem posingberbasis cooperative, serta terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerjasama dalam berdiskusi pada pembelajaran Suhu dan Kalor antara peserta didik denganpembelajaran induktif dan problem posingberbasis cooperative ditunjukkan dengan taraf signifikansi hasil analisis < 0,05. Pembelajaran problem posing berbasis cooperatif lebih baik daripada pembelajaran induktif. Pembelajaran problem posing berbasis cooperativemampu mempengaruhi kemampuan analytical thinking skill sebesar 8,4% dan mampu mempengaruhi kemampuan kerjasama dalam berdiskusi sebesar 74,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem posing, analytical thinking skill, kemampuan kerjasama, Suhu dan Kalor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jan 2017 02:48
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45512

Actions (login required)

View Item View Item