LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

Helfian, Adhe Saputro (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 15505247005 HELFIAN ADHE SAPUTRO.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan baik itu teknik maupun non teknik. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah serta pengalaman mengajar secara real, dalam rangka untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Untuk menempuh program PPL mahasiswa mendapatkan lokasi PPL di SMK Negeri 2 Depok, Sleman. SMK Negeri 2 Depok ini terletak di Jalan STM Pembangunan nomor 1 Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. SMK Negeri 2 Depok memiliki 11 program keahlian. SMK Negeri 2 Depok memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL yang dilakukan mahasiswa meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan meliputi kegiatan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, dan melakukan persiapan mengajar antara lain menyediakan silabus, RPP, modul, bahan ajar, administrasi guru, agenda mengajar, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan kegiatan pelaksanaan adalah kegiatan mengajar dikelas/bertatap muka di kelas untuk mengajar peserta didik. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa mendapatkan mata pelajaran Simulasi Digital sebagai mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik. Kegiatan PPL dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, dengan alokasi waktu pembelajaran 3 x 45 menit per hari. Mahasiswa PPL mengampu dua kelas, yaitu kelas X TGB A dan X TGB B. Kegiatan praktik mengajar dilakukan pada setiap hari selasa jam ke- 1 sampai jam ke-3 untuk mengajar kelas X TGB B, dan kemudian dilanjutkan Jam ke- 5 sampai jam ke-7 untuk kelas X TGB A. Hasil yang didapat dari kegiatan PPL adalah mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar peserta didik, baik dari persiapan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dari rancangan program PPL individu yang telah disusun dalam matriks program PPL, secara umum berjalan dengan lancar dan baik. Tidak ada kendala yang menghambat pelaksanaan PPL akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak lepas dari hambatan-hambatan, baik itu faktor intern maupun faktor ekstern. Namun dengan adanya bantuan dari guru dan dosen pembimbing hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi sehingga program berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 2 Depok, X TGB A, X TGB B, Simulasi Digital.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 07:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45496

Actions (login required)

View Item View Item