PENILAIAN HASIL KOMPETENSI KETERAMPILAN MATA PELAJARAN PRAKARYA KERAJINAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Ariyani, Wahyu Anna (2017) PENILAIAN HASIL KOMPETENSI KETERAMPILAN MATA PELAJARAN PRAKARYA KERAJINAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik instrumen penilaian hasil kompetensi keterampilan, penerapan penilaian proyek, dan penerapan penilaian portofolio mata pelajaran Prakarya Kerajinan kelas VIII di SMP Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dibantu instrumen pendukung berupa pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi serta alat bantu perlengkapan mencatat dan kamera. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahap analisis data penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Instrumen penilaian mata Pelajaran Prakarya Kerajinan kelas VIII di SMP Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016 berupa rubrik penilaian dan penskoran sesuai dengan Permendikbud No. 53 tahun 2015 dalam penilaian Kurikulum 2013. Rubrik penilaian berisi rincian aspek penilaian dan rubrik penskoran berisi garis besar penentuan skor yang dinilai dengan menggunakan skor 0-4. 2) Penerapan penilaian proyek mata pelajaran Prakarya Kerajinan di SMP Negeri 4 Magelang meliputi: a) Penilaian direncanakan dengan membuat kisi-kisi dan rubrik penilaian sesuai materi dan kompetensi dasar Prakarya Kerajinan. b) Penilaian proyek meliputi proses pengerjaan sampai hasil proyek siswa berupa isi laporannya. c) Penentuan kriteria penskoran proyek didasarkan pada indikator capaian kompetensi yang disusun sesuai urutan penugasan proyek. 3) Penerapan penilaian portofolio dilakukan dengan mendokumentasikan laporan yang berisi hasil proyek selama satu semester. Penilaian portofolio siswa dilakukan dengan mendeskripsikan keterampilan berdasarkan sampel karya terbaik dari kompetensi dasar (KD) yang telah dilakukannya dalam bentuk predikat, A= Amat baik, B= Baik, C= Cukup, dan D= Kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:33
Last Modified: 08 Mar 2017 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45493

Actions (login required)

View Item View Item