LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

Umami, Muslikhatun (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 13505244016 MUSLIKHATUN UMAMI.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan kependidikan dengan gelar sarjana pendidikan. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan tuntutan era global sekarang ini. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK N 2 DEPOK mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016, praktikan diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan untuk mengampu mata pelajaran “Konstruksi Bangunan” kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Kegiatan yang dilakukan selama PPL meliputi kegiatan mengajar, kegiatan non-mengajar, dan program fisik PPL. Kegiatan mengajar dilakukan di dalam dan di luar kelas baik secara terbimbing ataupun secara mandiri. Kegiatan mengajar dimulai dari pembuatan RPP, materi ajar, media pembelajaran, kegiatan belajar mengajar (KBM), hingga evaluasi dan penilaian. Kegiatan non-mengajar meliputi pembuatan administrasi guru, keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), upacara bendera, perayaan hari besar, kegiatan jumat taqwa dan kegiatan sabtu bersih. Kegatan fisik berupa plangisasi, pembuatan jalur evakuasi, visi misi sekolah dan jurusan, slogan kebersihan dll. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan misalnya menusun RPP yang baik, penyusunan materi ajar, pengembangan media pembelajaran dan alat evaluasi, melaksanakan administrasi guru, menerapkan inovasi pembelajaran dan masih banyak pengalaman yang berguna di kemudian hari. Kualitas bimbingan dari guru pembimbing juga mempengaruhi mahasiswa PPL, hambatan dan masalah yang ditemui digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa PPL yang menjadi pemacu semangat agar dapat berperan lebih baik, sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa dapat benar – benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 2 DEPOK, Program Kegiatan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:55
Last Modified: 02 Oct 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45490

Actions (login required)

View Item View Item