LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

HARMANTO, HARMANTO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 13505244013 HARMANTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rangkaian kegiatan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari mata kuliah pendidikan yang berbobot 3 SKS. Mata kuliah ini wajib ditempuh oleh mahasiswa jalur kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan di SMK Negeri 2 Depok. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan tenaga pendidik dalam hal ini guru yang meliputi kegiatan Praktik mengajar atau kegiatan kependidikan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum terjun ke dunia kependidikan sepenuhnya. Sebelum dilaksanakannya kegiatan PPL, sebagai bentuk dari persiapan PPL mahasiswa terlebih dahulu menyusun program kerja berdasarkan hasil observasi. Adapun kegiatan persiapan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa meliputi kegiatan pra PPL (pengajaran mikro, pembekalan PPL) dan kegiatan persiapan praktik mengajar. Pada saat pelaksanaan kegiatan praktik mengajar, mahasiswa menggantikan peran guru mata pelajaran di kelas secara langsung. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 DEPOK mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa PPL yaitu “Menggambar Interior dan Eksterior” dengan konsentrasi Menggambar Interior. Secara umum Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL berjalan dengan baik sesuai dengan matriks program kerja PPL yang telah disusun. Akan tetapi dalam pelaksanaannya di lapangan tidak terlepas dari hambatanhambatan baik dari faktor intern maupun ekstern. Beberapa hambatan yang munculperlu dilakukan penanganan atau refleksi agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan dengan lebih baik lagi Secara keseluruhan program kerja kegiatan PPL dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah pengalaman nyata dalam mengajar layaknya guru profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45489

Actions (login required)

View Item View Item