Pengembangan Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Faktorisasi Suku Aljabar, Teorema Pythagoras dan Kubus di SMP

Gunanto, Aris (2010) Pengembangan Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Faktorisasi Suku Aljabar, Teorema Pythagoras dan Kubus di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aris-gunanto-08709251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran Matematika yang layak digunakan untuk pembelajaran Matematika di SMP ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, media dan penggunaan, serta dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui tahapan perencanaan, pembuatan desain, pembuatan media dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan indikator dan membuat rencana pembelajaran. Tahap pembuatan desain meliputi penetapan media pembelajaran yang akan dikembangkan, memperkirakan waktu, tenaga dan ketersediaan tempat untuk uji coba serta mempersiapkan bentuk dasar media yang akan dikembangkan. Tahap pembuatan media meliputi pembuatan media pembelajaran dan tahap evaluasi meliputi pengujian oleh ahli materi dan media pembelajaran, pengujian oleh siswa yang meliputi one to one evaluation with learners, small-group evaluation dan field trial. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuisioner dan tes dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki media pembelajaran hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam katagori sangat baik. Hasil penilaian ahli materi menunjukan rata-rata skor 4,51 dan hasil penilaian dari ahli media menunjukan rata-rata skor 4,39. Hasil penilaian siswa mengenai kualitas media pembelajaran adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 4,37. Jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar (nilai minimal 65) setelah menggunakan media pembelajaran ini sebanyak 97% dengan rata-rata skor pretest sebesar 42,06 menjadi nilai rata-rata posttest sebesar 77,84 dan termasuk katagori sangat baik. Penggunaan media pembelajaran ini memberikan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, faktorisasi suku aljabar, teorema pythagoras, kubus
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 03:55
Last Modified: 29 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45478

Actions (login required)

View Item View Item