MADE AGUS MAHARDIAWAN, MADE AGUS MAHARDIAWAN (2016) LAPORAN PPL SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL 15503247009 MADE AGUS MAHARDIAWAN.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari satu agenda yang rutin dilaksanakan UNY setiap tahunnya. PPL merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan SMK. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang profesional. Mahasiswa praktikan harus mengetahui proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di SMK dan pembuatan persiapan mengajar. Setelah semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk kelas XII SMK N 2 Depok adalah kurikulum 2013 dengan pendekatan pembelajaran scientific. Implementasi pendekatan ini meliputi tahap menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan mencoba. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pembelajaran Pemesinan Frais Komplek menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning yang berbasis pada teori belajar kognitif dan teori belajar sosial. Metode yang sering digunakan adalah penugasan, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi. Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan, model serta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa penyesuaian. Dalam pembelajaran Pemesinan Frais Komplek hasil yang dicapai dari penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode demonstrasi adalah daya serap siswa rata-rata XII TP A adalah 76%.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, pendidik, profesional |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 02:10 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |