PEDAGOGI KRITIS PAULO FREIRE DI QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA

Fitriana, Devi (2016) PEDAGOGI KRITIS PAULO FREIRE DI QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Devi Fitriana_12110241030_skripsi.6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pedagogi kritis Paulo Freire di Qaryah Thayyibah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif naturalistik. Tempat penelitian ini adalah di Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan uji triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tujuan Qaryah Thayyibah menerapkan Pedagogi Kritis Paulo Freire adalah untuk mengembangkan kesadaran kritis. 2) Alasan Qaryah Thayyibah menerapkan pedagogi kritis Paulo Freire karena adanya rasa keprihatinan pendiri Qaryah Thayyibah melihat pendidikan di sekolah lain yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. 3) Proses pembelajaran yang dilakukan di Qaryah Thayyibah dilihat dari kurikulum yang dijalankan dibuat dan direncanakan oleh pendamping dan warga belajar berdasarkan kesepakatan bersama. Kegiatan pembelajaran terdiri dari upacara, pertemuan kelas, ide, tawasi, harkes (hari kesehatan), forum, Tugas Akhir (TA), Gelar Karya (GK), tafsir Alqur’an dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan metode dialog dan hadap masalah. Pembentukan karakter kedisiplinan dan kesopanan di Qaryah Thayyibah menggunakan metode yang tidak menekan dan memaksa. 4) Hasil pembelajaran di Qaryah Thayyibah berupa hasil karya nyata dan pembentukan kepribadian. Kata Kunci: Pedagogi Kritis, Paulo Freire, Qaryah Thayyibah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45463

Actions (login required)

View Item View Item