Kontribusi Tingkat Pemahaman, Motivasi, Partisipasi Orangtua dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektifitas Penyelenggaraan Program PAUD Non Formal di Kabupaten Kulon Progo

Sriyani, Tutik (2010) Kontribusi Tingkat Pemahaman, Motivasi, Partisipasi Orangtua dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektifitas Penyelenggaraan Program PAUD Non Formal di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tutik-sriyani-08704251003.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar kontribusi tingkat pemahaman orangtua (X1), motivasi orangtua (X2), partisipasi orangtua (X3), dan partisipasi masyarakat (X4) terhadap efektifitas penyelenggaraan program PAUD non formal di Kabupaten Kulon Progo (Y) secara parsial maupun secara bersama-sama. Alasannya terdapat berbagai asumsi yang cenderung mengatakan bahwa keberhasilan penyelenggaraan program PAUD non formal sangat dipengaruhi oleh kontribusi tingkat pemahaman, motivasi, partisipasi orangtua dan partisipasi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan yang bersifat korelasional. Populasi berjumlah 1525 orangtua dan anggota masyarakat yang merupakan representasi dari 345 lokasi PAUD non formal di seluruh Kabupaten Kulon Progo. Sampel penelitian berjumlah 458 orangtua dan anggota masyarakat, yang ditetapkan dengan sistem acak (simple random sampling). Untuk menetapkan besarnya sampel digunakan metode prosentase sampel (30% dari jumlah populasi). Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah (1) tes pemahaman orangtua (2) kuisioner motivasi orangtua (3) kuisioner partisipasi orangtua (4) kuisioner partisipasi masyarakat dan (5) kuisioner efektifitas penyelenggaraan program PAUD non formal dengan indeks reliabilitas di atas 0, 07. Sedangkan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasional. Hasil penelitian diketahui bahwa secara bersama-sama kontribusi tingkat pemahaman orangtua, motivasi orangtua, partisipasi orang tua dan partisipasi masyarakat, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektifitas penyelenggaraan program PAUD non formal. Hal ini ditunjukkan dari nilai p value dari Uji-F yang telah dilakukan yaitu sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5%. Secara parsial kontribusi tingkat pemahaman orangtua, motivasi orangtua, partisipasi orang tua dan partisipasi masyarakat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektifitas penyelenggaraan program PAUD non formal. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji-t yang mendapatkan nilai p value dan koefisien regresi masing-masing untuk pemahaman orangtua: 0,004; motivasi orangtua: 0,003; partisipasi orang tua : 0,002; dan partisipasi masyarakat : 0,002.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tingkat pemahaman orang tua, motivasi orang tua, partisipasi orang tua, partisipasi masyarakat, PAUD Non Formal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45458

Actions (login required)

View Item View Item