LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

ANWAR KURNIAWAN, ANWAR KURNIAWAN (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13518244005 ANWAR KURNIAWAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL/Magang III ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL/Magang III ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki kehidupan di dunia kependidikan. Selain itu PPL Magang III juga berfungsi sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat mahasiswa di bangku kuliah ke dalam kehidupan nyata atau dalam hal ini adalah sekolah. SMK N 2 Depok Sleman merupakan salah satu lokasi pelaksanaan PPL/Magang III, sekolah ini beralamat Mrican, Caturtunggal Sleman, DIY. SMK N 2 Depok Sleman merupakan suatu lembaga pendidikan menengah kejuruan yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki ketrampilan dan sikap sebagai tenaga kerja profesional di industri. Sekolah ini memiliki 11 bidang keahlian yaitu Teknik Gambar Bangunan, Teknik Audio Video, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Otomasi Industri, Teknik Pemesinan, Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan, Kimia Industri, Kimia Analis, Geologi Pertambangan, Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia Program PPL/Magang III di SMK N 2 Depok Sleman ini dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram kelas XII semester 5 (gasal) di Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok. Setiap proses pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya adalah pembuatan silabus, Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembuatan Bahan Ajar, dan media pembelajaran. Kegiatan PPL/Magang III di SMK N 2 Depok Sleman mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang tidak bisa diperoleh di perkuliahan, terutama pengalaman dalam mengajar di kelas khususnya pada SMK. Kesuksesan pelaksanaan PPL/Magang III ini hendaknya disikapi dengan baik oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta untuk mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi serta silaturahmi agar kerjasama dengan SMK N 2 Depok Sleman tidak terputus, diharapkan kegiatan PPL di masa mendatang akan jauh lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III, Sistem Kontrol TerProgram, SMK N 2 Depok, Teknik Otomasi Industri
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 05 Jan 2017 00:51
Last Modified: 05 Jan 2017 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45457

Actions (login required)

View Item View Item