NUR AZMIL KHOIROH, NUR AZMIL KHOIROH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL 13518244004 NUR AZMIL KHOIROH.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta dalam mempersiapkan lulusan yang siap terjun di dunia pendidikan mengadakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi seluruh mahasiswa pendidikan. PPL merupakan magang di sekolah atau belajar menjadi guru dalam waktu yang singkat sebelum benar-benar terjun dalam dunia pendidikan. Adapun beberapa persyaratan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan PPL antara lain: 1) Lulus pengajaran mikro dengan nilai minimal B, 2) mengikuti pembekalan PPL, 3) melakukan observasi di sekolah, 4) observasi pengajaran di kelas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok yang terletak di mrican, caturtunggal, depok, sleman, yogyakarta. Pelaksanaan PPL dilakukan selama ±2 bulan, yaitu mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 Sepetember 2016. Penulis mengajar kelas XI mata pelajaran sistem kontrol elektropnuematik di jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI). Terdapat tiga jenis kegiatan dalam pelaksanaan PPL yaitu kegiatan mengajar, non-mengajar dan sekolah. Kegiatan mengajar meliputi: 1) konsultasi guru pendamping kelas, 2) mengumpulkan materi, 3) membuat RPP, 4) membuat media, 5) praktik mengajar dikelas 6) penilaian dan evaluasi. Sedangkan kegiatan non-mengajar meliputi: 1) pembuatan jalur evakuasi di jurusan TOI, 2) melatih ekstrakulikuler mekatronika, 3) perbaikan dan pembuatan penunjang praktikum 4) administrasi guru, 5) rapat mingguan, 6) pembuatan laporan PPL. Sedangkan untuk kegiatan sekolah meliputi: 1) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), 2) upacara hari senin, 3) upacara HUT RI 17 Agustus, 4) apel pagi, 5) kegiatan jum’at taqwa, dan 6) kegiatan sabtu bersih. Hasil yang didapat dari kegiatan PPL adalah mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar peserta didik, baik dari persiapan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Rancangan program PPL individu yang telah disusun dalam matriks program PPL, secara umum berjalan dengan lancar dan baik. Tidak ada kendala yang menghambat pelaksanaan PPL akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak lepas dari hambatan-hambatan, baik itu faktor intern maupun faktor ekstern. Namun dengan adanya bantuan dari guru dan dosen pembimbing hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi sehingga program berjalan dengan lancar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMKN 2 Depok, XI TOI, Sistem Kontrol Elektropnuematik |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 00:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45456 |
Actions (login required)
View Item |