LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

IIS ERNAWATI, IIS ERNAWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13520249002 IIS ERNAWATI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah intrakulikuler yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa S1 yang mengambil program studi kependidikan. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK N 2 Depok pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di SMK dan pembuatan persiapan mengajar, kemudian pelaksanaan praktik mengajar. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa praktikan juga dituntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk kelas XI SMK N 2 Depok adalah kurikulum 2013 dimana pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan Scientific. Proses pendekatan ini meliputi menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan percobaan. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Dan proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pada pembelajaran Administrasi Server ini menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Sedangkan metode yang sering digunakan adalah diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan praktik langsung, untuk evaluasi pembelajaran menggunakan tes lisan, tes tertulis, penugasan, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Hasil evaluasi siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) B yaitu sejumlah 96,87% tuntas di atas KKM, dimana KKM untuk mata pelajaran Administrasi Server yaitu 76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa sudah menguasai mata pelajaran yang diajarkan. Sedangkan 3,13% siswa belum mencapai nilai KKM. Pada proses pembelajaran ada sedikit kendala mengenai koneksi internet, sehingga siswa kurang dapat leluasa dalam mencari sumber belajar. Namun, mahasiswa praktikan memberi solusi dengan memberikan modul belajar sebagai sumber belajar tambahan siswa. Secara umum, pelaksanaan program PPL berjalan dengan lancar, baik program mengajar dikelas maupun program lain yang berkaitan dengan kegiatan sekolah dan administrasi guru. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa mendapatkan 72 jam mengajar di kelas yaitu pada kelas XI (TKJ) A dan XI TKJ B dengan total siswa sebanyak 64 siswa. Mahasiswa praktikan berusaha menekan semua hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Adapun hubungan antara mahasiswa praktikan dengan guru pembimbing dan karyawan sekolah terjalin dengan baik tanpa ada masalah apapun.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Pendidik, Administrasi Server
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jan 2017 00:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45452

Actions (login required)

View Item View Item