LAPORAN KEGIATAN PPL DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta

HERU SETIAWAN, HERU SETIAWAN (2016) LAPORAN KEGIATAN PPL DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13520244003 Heru Setiawan.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan PPL/Magang III merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa SI sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL/Magang III dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok Sleman dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan meliputi: pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi kondisi sekolah, observasi pembelajaran di kelas dan peserta didik, koordinasi dengan guru pembimbing terkait pembuatan perangkat kerja guru kemudian dilanjutkan kegiatan pelaksanaan praktik mengajar. Pada kegiatan pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa praktikan mengampu mata pelajaran Jaringan Dasar di kelas X TKJ A dan X TKJ B dengan jadwal 8 jam/minggu. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Materi yang telah diajarkan oleh mahasiswa praktikan yaitu KD 3.1 memahami konsep jaringan komputer, KD 4.1 menyajikan kebutuhan jaringan suatu organisasi, KD 3.2 memahami model OSI dalam jaringan komputer, KD. 4.2 menyajikan konsep dan fungsi setiap layer dalam lapisan OS, dan KD 3.3 memahami topologi jaringan. Kurikulum yang digunakan untu kelas X SMK N 2 Depok Sleman yaitu kurikulum 2013 dimana pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan Scientific. Model pembelajaran yang digunakan yaitu Discovery Learning yang berbasis pada teori belajar kognitif dan teori belajar sosial. Sedangkan metode yang sering digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan. Hasil evaluasi KD 3.2 dan 4.2 untuk kelas X TKJ A yaitu sejumlah 62,5% siswa tuntas KKM dan 37,5% siswa belum mencapai KKM. Sedangkan hasil evaluasi KD 3.2 dan 4.2 untuk kelas X TKJ B sejumlah 53% siswa tuntas KKM dan 47% siswa belum mencapai KKM. Secara umum lebih dari 50% siswa masing-masing kelas telah tuntas KKM. Kendala yang dihadapi pada kegiatan belajar mengajar yaitu terbatasnya jumlah komputer pada pertemuan 1-3. Tiap kelas terdiri dari 32 siswa namun hanya tersedia 12 komputer. Kendala ini mampu teratasi pada pertemuan 4 dengan cara menginstalasi 16 komputer tambahan. Secara keseluruhan, kegiatan PPL/Magang III yang berlangsung selama 2 bulan telah berjalan dengan baik. Mahasiswa praktikan telah mengajar selama 87 jam pelajaran. Mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas prakik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pendidik, profesional, jaringan dasar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45447

Actions (login required)

View Item View Item