LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

Muklis Tri Haryanto, Muklis Tri Haryanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13520241009 MUKLIS TRI HARYANTO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Depok Sleman telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 september 2016. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XI TKJ A dan XI TKJ B. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 14 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Materi yang diampu praktikan pada kegiatan PPL ini adalah Rancang Bangun Jaringan. Untuk modul pembelajaran sendiri, berdasarkan arahan dari guru pembimbing, penulis menggunakan modul CISCO Networking Academy. Modul tersebut dipilih dengan alasan karena materi di dalamnya sudah cukup sesuai dengan kondisi yang akan dihadapi oleh lulusan TKJ SMK ketika bekerja nanti. Untuk skenario pembelajaran, bedasarkan saran guru pembimbing, Praktikan menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning. Metode ini menuntut siswa untuk aktif mencari dan menemukan sendiri pengetahuan-pengetahuan baru dalam materi rancang bangun jaringan. Hal yang menarik dari metode ini yaitu sering muncul kasus baru atau pengetahuan baru yang sangat menarik dan menantang untuk didiskusikan bersama, sehingga dari sini pengetahuan siswa akan berkembang pesat melebihi skenario yang sudah direncanakan. Selain itu, pengetahuan yang mereka temukan lebih mudah diingat dan dipahami karena mereka mengalami sendiri proses menemukan pengetahuan tersebut. Untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, praktikan memberikan tugas terstruktur, non terstruktur, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi di kelas XI TKJ A dan XI TKJ B SMK N 2 Depok Sleman telah berhasil memahami materi-materi yang menjadi target dari pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pendidik,, rancang bangun jaringan, discovery learning, SMK N 2 Depok Sleman, PPL, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45445

Actions (login required)

View Item View Item