LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Jln. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 513515 Fax.(0274) 513438

Nuzul Fauzan Mustova, Nuzul Fauzan Mustova (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Jln. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 513515 Fax.(0274) 513438. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13502241034 NUZUL FAUZAN MUSTOVA.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang sangat dibutuhkan untuk membekali mahasiswa. Karena Universitas Negeri Yogyakarta sendiri merupakan universitas pendidikan. Yang dimana sebagian besar lulusannya diajarkan untuk menjadi seorang pendidik. Program ini akan sangat bermanfaat karena memberikan banyak sekali pengalaman bagaimana menjalani profesi sebagai pendidik. Mahasiswa akan menjadi lebih matang dalam menyongsong dunia pendidikan karena telah memiliki bekal dan persiapan. PPL ini mengajarkan secara lengkap proses-proses di dunia pendidikan dari mengelola waktu pertemuan selama satu semester, menyusun rencana mengajar, proses mengajar, sampai evaluasi pembelajaran. Proses-proses ini sangat penting supaya dalam memberikan ilmu kepada siswa menjadi efektif dan efisien. Pada tahun ini UNY juga melaksakan PPL di SMK N 2 Depok yang bertempat di Depok, Sleman, Yogyakarta. PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Mengampu mata pelajaran Perekayasaan Sistem Audio dengan alokasi waktu setiap pertemuan adalam 4 jam pelajaran atau 180 menit. Pelaksanaan mengajar dimulai dari persiapan, dimana persiapan yang dilakukan adalah penyusunan atau pemahaman silabus, penyusunan Rencana Rencana Pembelajaran (RPP), pembuatan sistem penilaian, konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing, pembuatan media, dan persiapan materi. Setelah itu adalah praktik mengajar di kelas, dimana kita megajar berpedoman pada RPP yang sudah disusun. Kegiatan motivasi dan pengelolaan adalah hal yang harus dikuasai agar kelas tetap kondusif dan siswa tidak bosan menerima pembelajaran. Pembelajaran dilakukan di kelas XI TAV pada hari Rabu dan dilaksanakan pada pukul 07.00 – 10.00 WIB (jam ke 1 sampi dengan 4). Mahasiswa dituntut wajib mengajar minimal 8 kali pertemuan. Disamping mengajar, mahasiswa PPL juga membantu acara-acara di SMK N2 Depok ini seperti penerimaan siswa baru(PPDB) dan pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah pengalaman secara nyata baik dalam pengalaman mengajar serta pengalaman menyusun administrasi pendidik. Selama mengajar siswa menerima pembelajaran dengan baik, dan mereka juga senang karena ada suasana baru, apalagi jika pembelajarannya menggunakan media seperti presentasi powerpoint dan animasi yang memberikan semangat tersendiri. Secara keseluruhan program PPL terlaksana dengan baik, meski tak lepas dari kekurangan. Harapannya adalah dengan adanya PPL mahasiswa dapat meningkatkan kompetisi mahasiswa untuk menjadi calon tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, UNY, PPL, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45444

Actions (login required)

View Item View Item